Bank Mandiri Hadir Dengan Layanan Aplikasi Mandiri Mobile

Karena banyak pengunjung blog sampai ke artikel ini dengan kata kunci “Masalah Mandiri Mobile for Android” maka saya membuat posting Cara Mengatasi Masalah Install Mandiri Mobile di Android di sini.

Semoga bermanfaat. 🙂

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya selama beberapa saat mencoba aplikasi Mandiri Mobile di perangkat Blackberry (Mandiri Mobile for Blackberry). Bank Mandiri, menurut yang saya baca di situs Mandiri Mobile, situs yang baru tadi saya ketahui keberadaanya dari banner iklan yang dipasang di Youtube, menawarkan kemudahan bagi nasabah pengguna perangkat mobile tidak hanya bagi pengguna Blackberry, Mandiri Mobile juga hadir di perangkat Android dan iPhone.

Saya mencoba Aplikasi Mandiri Mobile pada kesempatan kali ini dengan Blackberry Bold 9000 dengan layanan BIS Full Service di Kartu HALO Telkomsel. Kartu yang juga terdaftar dalam layanan Bank Mandiri SMS Banking. Pengalaman bisa saja tidak sama ketika dicoba dengan perangkat Blackberry tipe lain dan atau BIS dari operator yang berbeda.

Langkah Pertama saya adalah mengaktivasi layanan Mandiri Mobile dengan mengetikan SMS Reg Mobile dikirim ke 3355. Dalam waktu singkat 3355 akan membalas SMS yang berisi download link ke Mandiri Mobile Apps. Instalasi saya gagal pada percobaan pertama dan kedua. Ketika mencoba men-download Mandiri Mobile untuk yang ketiga kalinya, ternyata download link yang tadi dikirim melalui SMS telah kadaluwarsa (expired) dan saya disuruh untuk meregistrasi ulang dengan mengirim SMS ke Reg Mobile ke 3355. Saya pun melakukanya. Tidak ingin gagal men-download lagi, saya mencoba dengan mengubah setting network di blackberry menjadi 3G only. Kali ini proses download dan install cukup lancar. File instalasi Mandiri Mobile apps yang berukuran 800-an kb ter-download dan ter-install dalam waktu singkat.

Login Screen Mandiri Mobile Apps for Blackberry

Login Screen Mandiri Mobile Apps for Blackberry

Mandiri Mobile apps segera saya jalankan. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini harus menentukan password yang harus sepanjang 8 karakter, tidak boleh lebih tidak boleh kurang, dan harus merupakan kombinasi huruf dan angka. Sebelum bisa melanjutkan ke menu selanjutnya, saya tadi dihadapkan dengan Term of Agreement/Syarat dan Ketentuan dari Layanan Mandiri Mobile yang menurut saya sangat panjang. Saya tidak tahu apakah semua pengguna Mandiri Mobile cukup sabar untuk membacanya. Untuk men-scroll  menuju akhir halaman Term of Agreement saya tadi memerlukan waktu yang cukup lama.

Sampai akhirnya saya sampai ke Menu Utama Mandiri Mobile apps berikut:

Mandiri Mobile Apps for Blackberry Main Menu

Mandiri Mobile Apps for Blackberry Main Menu

Apa yang saya coba pertama kali adalah menu tranfer.

Tranfer Main Menu on Mandiri Mobile Apps

Tranfer Main Menu on Mandiri Mobile Apps

Karena tranfer merupakan aktifitas yang paling saya butuhkan dan sering saya gunakan. Mandiri Mobile apps ini memberikan kemudahan untuk mentransfer antar bank secara online ke sebanyak 55 bank lain.

55 online bank on Mandiri Mobile Tranfer Menu

55 online bank on Mandiri Mobile Tranfer Menu

Sementara beberapa bank yang tidak terhubung ke fasilitas ini, tranfer bisa dilakukan di menu tranfer antar bank – kliring dan tranfer antar bank rtgs. Kebutuhan saya untuk mentranfer ke BCA dapat saya lakukan di baik tranfer antar bank – kliring maupun tranfer antar bank – rtgs.

Mandiri Mobile apps to tranfer to BCA

Mandiri Mobile apps to tranfer to BCA

Berikut ini merupakan contoh tranfer antar bank online ke salah satu rekening di BNI 46:

Tranfer to other Bank (BNI) on Mandiri Mobile Apps

Tranfer to other Bank (BNI) on Mandiri Mobile Apps

Seperti pada screen shoot, untuk menjamin keamanan transfer, sebelum proses tranfer dieksekusi, kita diwajibkan untuk memasukan pin sms banking.

Kemudahan tranfer yang lain di Mandiri Mobile apps yang tidak akan bisa ditemukan di menu tranfer di ATM adalah kita bisa dengan mudah mentranfer ke nomor-nomor rekening yang telah dicatat oleh aplikasi pernah berinteraksi dengan kita. Lihat screen shoot berikut:

Transfer to recent account on Mandiri Mobile Apps

Transfer to recent account on Mandiri Mobile Apps

Namun ada yang menurut saya perlu ditambahkan di menu tranfer Mandiri Mobile apps. Saya tadi mencoba men-copy paste nomer-nomer rekening di note di blackberry saya ke form pengisian nomor rekening di Mandiri Mobile apps namun gagal. Akhirnya saya terpaksa mengetikan secara manual. Fitur copy-paste nomer rekening ini sebaiknya ditambahkan untuk update Mandiri Mobile apps versi berikutnya. 🙂

Menu penting setelah menu tranfer, bagi saya adalah menu bayar. Kemudahan untuk membayar tagihan telepon, tagihan seluler pasca bayar, tagihan listrik, tagihan pam, tagihan pajak, tagihan internet dan sejenisnya menurut saya merupakan fitur wajib yang pasti didukung oleh aplikasi ini.

Yang menjadi menarik bagi saya pada Mandiri Mobile apps ini adalah kemampuan untuk membayar tiket pesawat dan tiket kereta api. Untuk membayar tiket kereta api sampai saat ini saya masih menelepon costumer service PT Kereta Api, melakukan booking by phone, baru membayar melalui ATM Bank Mandiri terdekat seperti yang pernah saya tulis di sini. Ketidakpraktisan cara lama ini yang saat ini diselesaikan oleh Mandiri Mobile apps.

Train Payment on Mandiri Mobile Apps

Train Payment on Mandiri Mobile Apps

Begitu juga untuk membeli tiket pesawat. Sama mudahnya dengan membeli tiket kereta api. Sayangnya, sampai saya mencoba Mandiri Mobile apps kali ini, baru Garuda, Lion Aiar dan Riau Air . Harapan saya Mandiri Mobile apps bisa digunakan untuk membeli tiket Air Asia, Batavia, Sriwijaya dan semua penerbangan domestik bahkan tiket untuk maskapai internasional.

Airline Payment on Mandiri Mobile Apps

Airline Payment on Mandiri Mobile Apps

Untuk menu favoritku, menu informasi rekening, menu beli, menu admin dan logout, semuanya sudah sangat komunikatif dan siapapun dengan mudah bisa mencoba-coba sendiri.

Login Screen Mandiri Mobile Apps for Blackberry

Login Screen Mandiri Mobile Apps for Blackberry

Hampir lupa, terlalu sayang untuk tidak dibahas adalah menu-menu di bawah login screen. Beberapa menu di sini bisa diakses tanpa login terlebih dahulu. Mari kita bahas satu per satu.

ATM/Cabang untuk mencari lokasi ATM dan Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat atau di kota lain. Fasilitas ini bagi saya tidak kalah pentingnya karena bagaimana pun sampai saat ini kita tidak bisa untuk benar-benar tidak menggunakan uang tunai. Atau berhubungan dengan teller bank untuk suatu kepentingan tertentu.

Di sini menurut saya yang perlu di update adalah bahwa tidak semua ATM Bank Mandiri sudah didaftar. Sebagai contoh di kota saya, Wonosari, sudah ada beberapa ATM Bank Mandiri, sayang yang bisa ditampilkan hanya satu. Menurut saya Mandiri Mobile apps juga perlu memanfaatkan Location Based Service dan GPS sehingga pengguna tidak perlu memasukan informasi kota untuk mencari ATM dan Kantor Cabang terdekat.

Rate sudah sangat bagus untuk memantau kurs, suku bunga deposito, suku bunga giro, suku bunga tabungan dan semua pernak-perniknya.

Call 14000. Dengan menu ini kita cukup 2 kali tekan tombol handphone untuk menelepon layanan pelanggan Bank Mandiri.

Mandiri Mobile Apps Network Setting

Mandiri Mobile Apps Network Setting

Pengaturan. Menu di pojok paling kanan ini berfungsi untuk memilih bahasa, mengubah ukuran huruf, mengubah password, mengatur suara notifikasi, sampai mengatur jenis koneksi yang akan kita gunakan. Seperti pada screen shoot di atas, selain aneka jenis paket Blackberry Service yang bisa dipilih, kita bisa memilih koneksi WiFi ketika sedang berada dalam masa layanan Blackberry yang kita gunakan sedang tidak aktif.

Kesimpulan:

Secara umum aplikasi ini inovatif dan recommended  untuk digunakan. Mandiri Mobile apps berusaha menjawab kelemahan Bank Mandiri SMS Banking, Bank Mandiri e-Banking dan Bank Mandiri ATM.

Mandiri Mobile apps selain mempunyai keragaman layanan yang lebih dibanding SMS Banking juga sekaligus menjawab permasalahan kita untuk menghafal syntax-syntax dalam transaksi melalui SMS. Saya sendiri sampai sekarang hanya hafal bagaimana cara cek saldo melalui SMS banking.

Mandiri e-Banking saat ini bisa diakses melalui device yang beragam, mulai dari smartphone yang semakin canggih, tablet, netbook, laptop dan portable computing device yang lain. Namun Mandiri Mobile apps menjawab masalah kita yang sering lupa membawa token. Kita tidak ingin direpotkan dengan selalu membawa token kemana pun kita pergi.  Berbeda dengan Smartphone yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan orang moderen.

Ke ATM? Tentu saja tidak perlu kita lakukan kecuali benar-benar butuh uang tunai, bukan?

Tutorial Mandiri Mobile Apps for Blackberry selengkapnya bisa dilihat di:

Testimonial Mandiri Mobile Apps:

Saran saya untuk pengembang Mandiri Mobile apss, agar untuk versi berikutnya aplikasi ini dikembangkan untuk mengakomodasi kebutuhan untuk micro payment, misalnya untuk bertransaksi di pom bensin, supermarket, tiket bioskop, pembayaran tol dan lain-lain. Mungkin perlu mulai dipikirkan untuk diintegrasikan dengan teknologi pembayaran berbasis mobile yang lebih moderen seperti RFid (Radio Frequency Identification) dan NFC (Near Field Communication). Mengingat saat ini layanan micro payment yang lain seperti Telkomsel Tap Izy, Tep Aja dan sejenisnya yang mulai marak itu.

Bagi Anda yang menggunakan Blackberry tipe lain, iPhone atau perangkat mobile Android saya sarankan untuk mencicipi pengalaman bertransaksi dengan Mandiri Mobile Apps. Bila belum mempunyai rekening Bank Mandiri, silahkan ke kantor cabang Bank Mandiri. Untuk membuka rekening baru Anda hanya perlu setoran awal Rp 500.000,-

Selamat mencoba dan saya tunggu cerita Anda 🙂

115 komentar di “Bank Mandiri Hadir Dengan Layanan Aplikasi Mandiri Mobile

  1. Saya akui memang sangat enak sekali digunakan dalam hal bertransaksi, khususnya bertransaksi online.

    Hal ini dibuktikan ketika saya melihat sepupu saya mencek maupun mentransfer dana dari BlackBerry-nya. Emang simple sekali.

    Kalau saya sendiri sih masih menggunakan Internet Banking aja. Maklum nggak punya Blackberry. Hehehe…

    • eh iya, kalau di SMS banking kan kita kena charge sms gitu, kalau pakai Mandiri Mobile apps tidak akan dikenakan biaya biaya itu. Jadi untuk sering sering cek saldo juga ngga perlu khawatir boros pulsa sms value added service

    • hehe, kalau mau coba apps tetap bisa kok tanpa mempunyai rekening bank mandiri, tapi ya tidak bisa mengakses semua menu

      kalau misalnya mau buka rekening baru juga mudah dan hanya perlu setoran awal 500ribu, hehe

    • hehe, anu buka di Bank Mandiri cabang wonosari. Entar aku bantu buatin dengan mengisi formulirnya, kemudian Ningrum yang setor duitnya di kasir yah, hehehe

  2. UWOW! Sekarang makin gampang ya, transaksi di genggaman..

    Soal menu kopi paste itu, sepertinya emang sengaja deh, ditiadakan. Saya juga pernah nyoba ada aplikasi (tapi lupa) yang memasukkan data hasil kopi paste juga gagal. Tapi saat diketik manual, berhasil. 😀

    • oh, begitu ya mbak, padahal kan memudahkan sekali dengan keberadaan fitur copy paste di Mandiri Mobile apps tapi mungkin untuk mengurangi ketidak sengajaan dan timbul kesalahan tranfer atau pembayaran begitu 🙂

  3. Rekening mandiri sih ada…sdh aplikasi juga dengan Internet banking MAndiri. Tapi BBnya itu uh yg beluummmm punya..#nangis guling-guling

    Sekalian mengucapkan Selamat menunaikan ibadah dibulan Ramadhan, smoga diberikan kesempatan dan kesehatan untuk bertemu Ramadhan berikutnya dalam kondisi yang lebih baik..mohon maaf lahir dan bathin ya

    • kalau tidak punya Blackberry, Mandiri Mobile apps bisa kok diinstall di ponsel Android atau iPhone kamu hehe

      Salam Ramadhan buatmu pula. di sini sudah berpuasa sekarang 🙂

  4. Dari dulu saya pake BSM Mobile di hape Java
    karena ngga punya rekening Mandiri, saya menanti apliksi BCA Mobile buat Android

    Semoga setelah langkah Mandiri ini BCA ngga mau kalah saing

  5. Mas utk gunain aplikasi ini hrs full service unlimted ya paket bb nya?
    Soalnya aku stack di proses otentikasi lama banget smpe skrg blm slsai2 jg.
    Aku make paket social di telkomsel gsm.

    • saya menggunakan BIS Unlimited Telkomsel mas, belum pernah coba menggunakan paket lain 🙂

      Coba dulu gunakan bis unlimited, setelah otentikasi selesai bisa dicoba dengan paket lain. Ada pengaturan koneksi di halaman depan aplikasi ini. Bahkan aplikasi bisa berjalan dengan koneksi wi fi saja 🙂

      Semoga membantu

  6. Ping balik: Lebih Mudah Beli Tiket Kereta Api Melalui Web « Menuliskan Sebelum Terlupakan

    • Bank Mandiri sebenarnya sudah bisa tranfer antar bank online ke BCA dan bank bank lain yang tergabung dalam jaringan PRIMA, sayangnya kemampuan ini belum ditambahkan dalam Mandiri Mobile apps.

      Kalau saya daripada kliring lebih suka melakukan tranfer via ATM atau internet banking saja 🙂

  7. Maaf saya mau tnya,knpa ketika saya menginstall mobile bnaking,fitur sms banking sya menjadi terganggu. Tetapi ketika saya mencoba sms banking dengan hp selain bb fitur ini dpt dijalankan. Mohon infonya…

  8. berapa lama boss, transfer dari rekening mandiri ke Rekeningf BCA..
    dan menggunakan kode bang ga, kalo pake mandiri mobile..
    makasih

  9. Kalo saya pake android. Tapi tidak bisa aktifasi. Kode gagalnya: 205 (koneksi/imei hape ganti). Padahal ini kali pertama saya download. Tapi memang sebelumnya transaksi sms banking dengan hape lain. Ada yang tau caranya?

      • Sudah sama nomornya. Cuma memang ganti hape. Apakah harus 1 imei hape aja juga pakenya? Tinggal aktivasi aja, tapi gagal terus.

      • saya juga belum pernah menjalankan mandiri mobile di ponsel lain. saya hanya install di bb karena saya pikir privacy di bb lebih terjaga dibanding ponsel lain

      • Ooh.. Oke, makasih banyak infonya.. Saya coba ke customer service juga gak ada jawaban, hehe.. Makanya saya share barangkali ada yang punya pengalaman yg sama. Nice to greet you.. 😀

      • iya. ketika atm saya terblokir dan akses saya ke apa mandiri mobile bermasalah, consumer service di kantor cabang bank mandiri juga sama sekali tidak tahu tentang aplikasi ini

        nice to meet you too

  10. selamat malam oh iya pak selamat malam pak ini saya dari nasabah yang pernah ditipu dengan atas nama jumaidi samtoso dengan nomor rekening 900000010369735 dan juga atas nama ari sulistiy dengan nomor rekening ini 900011896934 karna udah banyak merugikan masyarakat sehingga ratusan juta bisa diambil sama dia jadi tolong pihak bank mandiri harus selidiki si pelaku nomor rekening ini karna dengan modus dan banyak merugikan banyak orang …….

    /

  11. Saya minta tolong ya pak dari pihak bank mandiri agar bisa tegas agar sipelaku ini agar bisa ke pihak berwajib agar si pelaku ditangkap saya minta tolong karna saya termasuk korban juga karna waktu saya pakai bank danamon dan transfer kenomor rekening ke dua ekening bank mandiri yang diatas itu karna saya udah kerugian sekitar 22 juta … karna dari pihak bank mandiri tidak bisa menyelidiki dan juga tidak tahu menahu akan hal itu ….saya minta tolong dari pihak bank mandiri tersebut saya minta tolong pak

    • Bukan nggak bisa nolongin soalnya uang di rekning itu sudahkosong alias sudah di ambil. Gimana nariknya.kalau pun masih ada pihak bankpun tidak serta merta memblomir uangnya. Harus melalui prosedur yang saaangat panjang. Jadi anggap aja kecelakaan.aku juga pernah sampai 47jt sampai skarang nggak ada tindakan apa walau lapor sama polisi sekalipun. Soalnya polisi aja ketipu ratusan juta lewat henpone aja. Kalau ada ygkeberatan komen saya. Saya bersedia menunjuk hidungnya polisi yangketipu itu. Masalahnya uang saya yng dipakai sampai sekarang di kembalikan cuma 2.500.000 sama polisi yg bersangkutan

  12. Hanya cocok untuk os versi lama. Android V4.0.0 ke atas nggak bisa. Yg bisa hanya Android V3.0.0 ke bawahnya. Sama seperti ifone versibaru nggak support alias mobile banking mandiri adalah sofware jadul yng ngak pernah di upgrade. Jadi henpone model baru harus kecewa dulu kalau mau pakai mobile yng satu ini. Pasti sama keluhannya soalnya sudah saya tanyakan ke pihak mandiri masalah ini

  13. saya pake mobile mandiri udah lama, tapi seminggu terakhir ini saya gagal login terus. infonya disitu gagal otentikasi dan minta download aplikasi lagi. ada yang bisa bantu gimana proses ini?

  14. kasus saya juga sama gan pada saat saya download gagal terus dan saya harus berkali2 bulak balik ke bank mandiri cuma minta di daftarakan yang katnya harus telpon dulu di daftarakan nomernya ke atm setelah itu baru bisa katanya gan , tapi setelah saya coba lagi masih ngak bisa aja ya mungkin hpnya atau jaringannya ya gan mohon untuk pencerahannya

  15. Pas pertama kali ane instal apps ini ane gak bisa aktivasi…ternyata nomor hp yang saya pakai bukan nomor hp yang saya daftarkan pantes aja gagal terus.tetapi bgitu makai no hp yang saya daftarkan langsung bisa aktivasi dan login…enak juga sih ini aplikasi gak berat loadingnya saat kita pakai….

  16. Mas. Aku sudah men download mandiri mobile, tapi ko ga bisa di buka yah?? Waktu aku tekan setuju malah ada tulisan coba periksa kembali karti sim anda, pdahal ga ada masalah sama kartu sim saya. Mohon jawab nya ke email saya.trimakasih banyak:)

  17. Screenshot di atas, nama softwarenya apa? Saya sudah coba install beberapa software, tetapi tidak dapat digunakan di mandiri mobile.
    Thanks
    Type hp: Blackberry 9790

  18. saya mau tanya kenapa proses otentikasi mandiri mobile gw gagal terus,padahal udah daftar mandiri sms dan udah registrasi mobile mandiri

  19. Sy mau nanya nih, knapa ya saya g bisa bayar tagihan gas via mandiri mobile. Selalu tertulis download versi terbaru. Sy cek di appstore g nemu yg versi terbaru

    • Entahlah Mas. Kalau dari dari sisi operator seluler tidak dikenakan biaya apabila sudah berlangganan paket data.

      Sent from my iPhone

      >

  20. bang mandiri mobile di Hp saya kog gk bisa digunakan….mau masuk loding lama terus dapet sms dari 3355 mohon maaf untuk sementara sms yg anda kirim belum bisa kami proses silahkan di ulangi beberapa saat lagi

    • mungkin server bank mandiri sedang ada gangguan. saya sendiri terkadang mengalami transaksi belum berhasil. setelah beberapa waktu menunggu biasanya bisa lagi.

      salam

      Sent from my iPhone

      >

  21. Ping balik: 3 Cara Mudah Cek Mandiri Fiesta Poin – Menuliskan Sebelum Terlupakan

  22. Hai mas Jarwadi, barusan saya mandiri mobile saya ke blokir, bagaimana y mengaktifkannya lagi k/ posisi saya di malaysia.
    Terima kasih.

    • Saya juga pernah mengalami ATM dan aplikasi saya diblokir. Solusinya adalah datang ke kantor cabang Bank Mandiri. Sayangnya Anda saat ini sedang di luar negeri.

      Sent from my iPhone

      >

  23. Ping balik: Spotify di Linux Ubuntu 14.04 LTS Trusty Tahr | Menuliskan Sebelum Terlupakan

  24. Saat ini tentunya hampir semua bank memiliki layanan mobile apps, hal ini dikarenakan untuk memberikan pelayanan dan kemudahaan dalam transaksi kepada setiap nasabah.

  25. Ping balik: Iseng Mencoba Spotify Premium – Gadget, Running & Travelling Light

  26. Ping balik: Mengadukan Gangguan Layanan Listrik PT PLN – Gadget, Running & Travelling Light

  27. Aplikasi andalan ni buat transfer atau bayar tagihan, dulu saya pakai internet banking tapi tokenya tiba2 ga bisa dipake lagi error terus akhirnya pindah ke mandiri mobile & lebih enak
    Walau memang ada beberapa fitur yang ga bisa dilakukan si salah satunya transfer ke e-cash padahal di sms banking ada 🙂

  28. Ping balik: Cara Baru Ganti PIN SMS Banking Bank Mandiri – Gadget, Running & Travelling Light

  29. Ping balik: Livin By Mandiri Warna Biru dan Kuning di Satu Ponsel – Gadget, Running, Travelling Light

Tinggalkan komentar